PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Bandung)
Icih, SE, M.Si, Ak & Fetra Ratna Kartika, SE

Abstrak

Kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual, banyak aspek -aspek dalam pekerjaan yang dapat menyebabkan puas atau tidaknya seseorang dalam bekerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja auditor baik secara parsial maupun simultan. Lokasi penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik yang berada di wilayah Bandung. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria responden yang mempunyai pengalaman kerja minimal satu tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada auditor di Bandung. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.

Hasil dari uji regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 6,858 + 0,372 X1 + 0,415 X2, membuktikan bahwa komitmen organisasi dan motivasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja auditor. Hasil dari uji t diketahui variabel komitmen organisasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja auditor karena nilai thitung  >  ttabel  yaitu 3,576 > 2,048. Variabel motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja auditor karena nilai  thitung  >  ttabel yaitu 2,539 > 2,048. Hasil uji F membuktikan bahwa komitmen organisasi dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja auditor karena nilai Fhitung  > Ftabel  yaitu 4,537 > 3,35 dan hasil signifikan menunjukkan nilai < dari 0,05, yakni 0,020 < 0,05.  Hasil dari koefisien determinasi (R2) membuktikan bahwa komitmen organisasi dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja auditor sebesar 75,2% dan sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : komitmen organisasi, motivasi dan kepuasan kerja
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login